blog ni menyuguhkan artikel-artikel yg pztiny asyik gillaaa,,,,, trusss bca blog aq ea,,,, pkoknya bgi kliann smw yg bca blog aq,, psti gk akan bozzeenn.... makaciihh atass kunjungannya,,,,

My Profile

Foto saya
Desa Karangasem, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Indonesia

Selasa, 29 November 2011

KABUPATEN MAJALENGKA

Kabupaten Majalengka
Jika Bandung punya julukan Paris van Java, maka Majalengka akan saya beri julukan Netherland van Java. Alasannya bukan karena di Majalengka terdapat bunga tulip, ataupun kincir angin. Tapi angin yang bisa kita gunakan sebagai pembangkit listrik tenaga angin.
Sudah lumrah barangkali jika Majalengka adalah kota angin. Angin yang ada memang berbeda dari yang ada di kota lain. Angin Majalengka berhembus kencang dan ada setiap hari di musim kemarau. Angin tersebut dapat dirasakan di desanya sampai ke kota Majalengka. Begitu derasnya angin yang ada, malah dihambur-hamburkan percuma. Mungkin hanya menjadi santapan para pejalan yang kepanasan. Dengan angin itu, Majalengka terlihat lebih sejuk di siang hari, meskipun Majalengka nyata-nyatanya berada di daerah dataran rendah.
Majalengka di sebut juga kota angin, Majalengka adalah salah satu kabupaten yang terdapat di Provinsi Jawa Barat.Tak ada yang Istimewa dengan Majalengka. Kota kecil di Jawa barat, namun merupakan ibu kota sebuah kabupaten.
Kota ini dikenal sebagai kota angin. Mengapa? hembusan angin-nya luar biasa kencang! bagi orang yang baru ke Majalengka akan mengira adanya suatu ancaman angin ribut. Pohon-pohon tertiup angin kencang seolah-olah mau roboh. Sebenarnya tidak!
Menurut sumber ilmu geografi, posisi Majalengka berada di bawah gunung Ciremai. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Gunung Ceremai (seringkali secara salah kaprah dinamakan “Ciremai” ) secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Posisi geografis puncaknya terletak pada 6° 53′ 30″ LS dan 108° 24′ 00″ BT, dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat
Angin berasal dari Wilayah cirebon yang merupakan angin Kumbang. Angin kumbang angin yang membawa kekeringan dan berhawa panas. Angin yang bertiup sebenarnya dari Angin Kumbang Cirebon yang naik ke gunung Ciremai, kemudian mengalami kondensasi dan bertiup kencang menuju lereng gunung ke arah Kota Majalengka. Kini anginnya berbeda dengan angin kumbang, karena tidak lagi sebagai angin panas pembawa kekeringan.
Itulah seputar geografis. Salah satu keunikan kota Majalengka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar